English
Bahasa Indonesia
You are here
Pelatihan Pengembangan Potensi Guru MGMP Akuntansi DIY

Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru akuntansi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Program Studi Pendidikan Akuntansi yang terbagi dalam kelompok Pengabdian kepada Masyarakat yang diketuai oleh Dr. Endra Murti Sagoro, S.Pd., S.E., M.Sc dan beranggotakan RR. Indah Mustikawati, S.E., M.Si., Ak., CA, Arief Nurrahman, S.Pd., M.Pd., Vera Astuti S.Pd., M.Pd., dan bantuan beberapa mahasiswa, melakukan pengabdian kepada masyarakat pada Sabtu (13/09/25) lalu di gedung PMD FEB UNY lantai 1 dengan tema “Pengelolaan Pembelajaran Deep Learning Dengan Gamifikasi dan Learning Management System (LMS).” Acara tersebut diikuti oleh 40 guru akuntansi di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta dengan tujuan untuk meningkatkan literasi guru agar sesuai dengan perkembangan kurikulum dan teknologi.
Pelatihan yang diberikan kepada para guru akuntansi membedah terkait dengan pengelolaan pembelajaran deep learning sebagai pendekatan terbaru yang sangat ditekankan pada seluruh guru di era kurikulum yang terbaru. Selama proses pelatihan para guru diajak untuk memahami dan mempraktekkan pengelolaan pembelajaran deep learning. Selain diberi pembekalan terkait pengelolaan pembelajaran deep learning, para guru juga dibekali materi pelatihan untuk menyesuaikan pembelajaran dangan perkembangan teknologi seperti penggunaan gamifikasi dalam proses pembelajaran dan Learning Management System (LMS) untuk mengelola pembelajaran jarak jauh agar proses pembelajaran lebih komprehensif dan tertata. Hal ini sekaligus menjadi pembeda pada pelatihan-pelatihan pembelajaran deep learning pada umumnya.
Pelatihan ini diikuti oleh seluruh peserta dengan antusias untuk meng-upgrade ilmu pengetahuan yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Luaran dari pelatihan ini adalah para guru mampu mengelola kelas dengan pembelajaran deep learning dengan berbagai variasi metode dan model pembelajaran seperti gamifikasi. Kegiatan ini memberikan kesempatan untuk para guru berdiskusi terkait materi yang disampaikan dan memberikan feedback atas jalannya acara. Akhir dari penelitian ini para guru memberikan feedback yang sangat positif karena menganggap materi pelatihan yang diberikan sangat berguna bagi para guru MGMP akuntansi DIY.
Pelatihan ini juga selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya tujuan ke-4 (Pendidikan Berkualitas) yang menekankan peningkatan keterampilan guru melalui pelatihan berkelanjutan, serta tujuan ke-9 (Industri, Inovasi, dan Infrastruktur) melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kapasitas guru secara profesional, tetapi juga mendukung pembangunan pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan. (vra)

Contact Us
Copyright © 2025,